
satu digit.
Siswa kelas 1 diharapkan mampu penjumlahan 1-20 sebelum naik kelas 2, dan siswa kelas 2 diharapkan mampu perkalian 1 digit sebelum naik ke kelas 3. Semua cara dan metode harus di lakukan dengan harapan mereka tidak akan menemui kesulitan pada tingkat pelajaran berhitung selanjutnya,
Perlu kita ketahui Siswa belajar berhitung pada tingkat sekolah dasar pada kelas 1 s/d kelas 3 dimana mereka belajar menjumlah, mengurang, mengkali dan membagi sedangkan pada tingkatan selajutnya mereka akan lebih banyak mendapatkan pembelajaran matematika. (Matematika dan berhitung adalah suatu hal yang berbeda, Tapi untuk mampu belajar matematika siswa harus dapat berhitung)
Oleh sebab itu diharapkan guru mampu mempersiapkan secara matang keahlian berhitung siswa sebelum mempelajari matematika.
Mencongak adalah suatu cara yang baik dan dapat kita lakukan dalam melihat dan memantau kemampuan siswa dalam berhitung. Hanya saja kita perlukan batasan mana dalam pelajaran berhitung yang harus kita berikan. Untuk penjumlahan dan perkalian satu digit ini adalah salah satu cara efektif untuk mengajarkan hal tersebut tapi jika sudah melibatkan 2 angka atau lebih anak akan menemui kesulitan dalam berhitung. Mengapa ......
Sebaiknya kita pahami lebih dahulu kerja dan fungsi otak dalam berhitung.
Berhitung (matematika), membaca dan menulis merupakan bagian dari fungsi otak kiri dan CARA KERJA OTAK KIRI adalah linear, menangani hal satu persatu.
sehingga di simpulkan otak tidak mampu menerima dua perintah sekaligus dalam satu waktu (PENELITIAN tentang otak oleh Roger Wolcott Sperry ==== Pemenang Hadiah Nobel dalam bidang fisiologi atau kedokteran tahun 1981)
Istilah menyimpan pada pengajaran penjumlahan dan perkalian ataupun istilah meminjam pada pengurangan (regrouping) ada cara yang bertolak belakang dengan fungsi otak dan cara kerja otak dalam berhitung.
Coba kita kaji kembali berapa hasil dari dengan menghitung dari belakang 567 + 789 =........
bukankah kita sudah mengajarkan anak untuk mencabangkan hasil dari penjumlahan 7+9 = 16 dengan menuliskan angka 6 dan 1 untuk di simpan. (masih ingatkah akan istilah 6 di jari satu di otak). Tentunya cara tersebut tidak sesuai dengan cara kerja otak dalam berhitung bukan ?????
Oleh sebab itu saya mengharapkan jangan di paksakan siswa berhitung yang tidak sesuai dengan cara kerja otak mereka.
Jika perhitungan sudah melibatkan 2 digit atau lebih sebaiknya dituliskan saja.
NB. perhatikan alenia, warna dan bulatan dari setiap jawaban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar