Langkah-langkah dalam mengajarkan penjumlahan (1-10)
1. Ajarkan Proses Pembuktian
misalkan 2 apel + 3 apel = 5 apel
atau 3 gambar jeruk + 4 gambar jeruk =
7 gambar jeruk
Langkah ini perlu dilakukan terutama pada siswa TK dan SD kelas 1
(Proses pembuktian untuk meyakinkan siswa)
Konversi jumlah ke dalam bentuk angka
Jika siswa telah memahami angka sebagai penganti suatu jumlah, berarti kita telah mengajarkan simbol universal dalam berhitung dan matematika. Sebaiknya penggunaaan jari dihindari dalam berhitung, Latih teknik mengingat mereka. Ketergantungan penggunaan jari dalam berhitung terkadang mematikan teknik mengingat mereka.
2. Drill
contoh 5 + 3 = .......
kombinasi 5 + ....... = 8 atau ...... + 3 = 8
Menjalankan proses ini berarti juga mengajarkan pengurangan
mulailah dari penjumlahan yang menghasilkan 2 secara bertahap hingga penjumlahan 10
3. Kuasai pasangan bilangan 10 (kunci untuk tahap selanjutnya)
Langkah-Langkah dalam mengajarkan penjumlahan (1-20)
1. Penjumlahan 10+ biasanya siswa tidak menemui kendala karena terbiasa dengan pola
2. Penjumlahan 9+, Perlu di terangkan kembali pasangan bilangan, 9 kawannya 1 jadi 9 + 2 =
(menghasilkan bilangan lebih dari 10) 2 -1 = 1 katakan 11 dengan intonasi suara tinggi,
9 + 3 = 3- 1 = 2 bilang 12 dan seterusnya
3. Penjumlahan 8+ dan seterusnya mengikuti cara penjumlahan 9+
sesuai dengan pasangan bilangannya
Semoga dapat membantu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar