Senin, 03 Oktober 2016

KUISIONER MENULIS dan BERHITUNG

Kuisioner

“Kaji Ulang Perkalian Bersusun Konvensional  sebagai Cara Menyelesaikan Perkalian Dua Digit atau Lebih”

Nama :
Guru kelas/Bidang Study :
Sekolah :

1. Dapatkah anda menuliskan kembali tulisan di bawah ini !
“Saya sedang mengisi kuisioner menulis dan berhitung”
a. Ya
b. Tidak

2. Apakah anda dapat menulis tulisan tersebut dengan lancar ?
a. Ya
b. Tidak

3. Apakah dalam prosesnya otak anda merasa terbebani (berpikir) saat menulis tulisan tersebut ?
a. Ya
b. Tidak

4. Apakah dalam menulis anda berpikir sebelum menulis atau berpikir saat menulis?
a. Berpikir sebelum menulis
b. Berpikir saat menulis

5. Apakah dalam menulis anda berpikir untuk pada setiap huruf yang akan dituliskan dalam prosesnya ?
a. Ya
b. Tidak

6. Apakah anda hapal dan mengetahui letak posisi setiap huruf yang akan dituliskan ?
a. Ya
b. Tidak

7. Yakinkah bahwa tulisan yang telah kita tulis sudah benar.
a. Ya
b. Tidak

8. Bagaimana anda merasa yakin akan kebenaran tulisan yang anda tulis ?
a. Dapat di baca sesuai tulisan yang di minta
b. Menuliskannya kembali

Perkalian bersusun adalah salah satu bentuk cara menyelesaikan perkalian dua digit atau lebih. Dalam prosesnya selalu di mulai dari perkalian satuan dengan satuan dan diakhiri dengan angka yang memiliki nilai tertinggi.
Contoh perkalian bersusun konvensional (Lihat Gambar)

9. Apakah anda yakin akan kebenaran hasil dari jawaban di atas ?
a. Ya
b. Tidak

10. Bagimana anda memperoleh keyakinan bahwa jawaban itu benar atau salah ?
a. Menghitung ulang kembali
b. Cukup dengan melihat atau membaca setiap prosesnya

11. Apakah anda menggunakan atau mengajarkan cara tersebut dalam berhitung perkalian dua digit atau lebih ?
a. Ya
b. Tidak

12. Apakah menurut anda acara tersebut merupakan cara yang mudah untuk mengajarkan perkalian ?
a. Ya
b. Tidak

13. Apakah otak anda merasa terbebani dalam proses berhitung perkalian ?
a. Ya
b. Tidak

14. Apakah dalam berhitung pekalian tersebut anda berpikir sebelum berhitung atau berpikir saat berhitung ?
a. Berpikir sebelum berhitung
b. Berpikir saat berhitung

15. Apakah dalam berhitung perkalian tersebut anda berpikir pada setiap langkah prosesnya ?
a. Ya
b. Tidak

16. Apakah anda hapal semua hasil dari setiap angka yang akan dikalikan ?
a. Ya
b. Tidak

17. Apakah anda merasa lancar dalam berhitung perkalian 93 x 86 seperti lancar ketika diminta untuk menulis “Saya sedang mengisi kuisioner berhitung dan menulis” ?
a. Ya
b. Tidak

18. Apakah anda berhenti untuk berpikir kembali pada setiap proses perkalian tersebut ?
a. Ya
b. Tidak

19. Pernahkah anda menghitung perkalian 7 digit angka dengan 7 digit angka, misalkan 6897432 x 9764837?
a. Ya
b. Tidak

20. Apabila diizikan mengunakan alat bantu hitung, apakah anda akan mempergunakannya untuk menghitung perkalian 3 digit atau lebih ?
a. Ya
b. Tidak

21. Apakah proses panjang dalam perkalian sebagai alasan anda menggunakan kalkulator?
a. Ya
b. Tidak

22. Apakah menurut anda kemampuan menulis itu berbeda dengan kemampuan berhitung ?
a. Ya
b. Tidak

23. Tahukah anda tentang teori ilmiah yang melandasi cara perkalian bersusun konvensional tersebut sehingga perlu dan dibakukan sebagai cara mengajarkan perkalian di sekolah dasar ?
a. Ya
b. Tidak

24. Tahukah anda bahwa teori otak, bahwa berhitung dan menulis memiliki fungsi dan cara kerja yang sama ?
a. Ya
b. Tidak

25. Tahukah anda jika cara berhitung perkalian konvensional dalam prosesnya belum sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung ?
a. Ya
b. Tidak

26. Apakah anda berkeinginan meningkatkan kemampuan anda dalam berhitung seperti kemampuan dalam menulis?
a. Ya
b. Tidak

27. Jika ada cara lain dalam berhitung perkalian dua digit atau lebih yang sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak. Apakah anda akan tertarik untuk mempelajarinya ?
a. Ya
b. Tidak

28. Jika ada pelatihan berhitung yang dapat membuat cara berhitung seperti cara menulis apakah anda akan menghadirinya ?
a. Ya
b. Tidak

29. Apakah anda bersedia dikenakan biaya untuk pelatihan tersebut ?
a. Ya
b. Tidak

30. Jika di sekolah anda diberikan pelatihan berhitung seperti menulis di berikan secara gratis untuk guru dan siswa di sekolah tempat anda berada. Anda bersedia ?
a. Ya
b. Tidak

Terima kasih
SADARILAH .....
Mari mengkaji kembali cara perkalian bersusun konvensional sebagai cara penyelesaian perkalian dua digit atau lebih.
Cara tersebut baru sebatas benar untuk hasilnya tapi belum benar secara proses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar