Kuisioner
“Kaji Ulang Perkalian Bersusun Konvensional sebagai Cara Menyelesaikan Perkalian Dua Digit atau Lebih”
Nama :
Guru kelas/Bidang Study :
Sekolah :
1. Dapatkah anda menuliskan kembali tulisan di bawah ini !
“Saya sedang mengisi kuisioner menulis dan berhitung”
a. Ya
b. Tidak
2. Apakah anda dapat menulis tulisan tersebut dengan lancar ?
a. Ya
b. Tidak
3. Apakah dalam prosesnya otak anda merasa terbebani (berpikir) saat menulis tulisan tersebut ?
a. Ya
b. Tidak
4. Apakah dalam menulis anda berpikir sebelum menulis atau berpikir saat menulis?
a. Berpikir sebelum menulis
b. Berpikir saat menulis
5. Apakah dalam menulis anda berpikir untuk pada setiap huruf yang akan dituliskan dalam prosesnya ?
a. Ya
b. Tidak
6. Apakah anda hapal dan mengetahui letak posisi setiap huruf yang akan dituliskan ?
a. Ya
b. Tidak
7. Yakinkah bahwa tulisan yang telah kita tulis sudah benar.
a. Ya
b. Tidak
8. Bagaimana anda merasa yakin akan kebenaran tulisan yang anda tulis ?
a. Dapat di baca sesuai tulisan yang di minta
b. Menuliskannya kembali
Perkalian bersusun adalah salah satu bentuk cara menyelesaikan perkalian dua digit atau lebih. Dalam prosesnya selalu di mulai dari perkalian satuan dengan satuan dan diakhiri dengan angka yang memiliki nilai tertinggi.
Contoh perkalian bersusun konvensional (Lihat Gambar)
9. Apakah anda yakin akan kebenaran hasil dari jawaban di atas ?
a. Ya
b. Tidak
10. Bagimana anda memperoleh keyakinan bahwa jawaban itu benar atau salah ?
a. Menghitung ulang kembali
b. Cukup dengan melihat atau membaca setiap prosesnya
11. Apakah anda menggunakan atau mengajarkan cara tersebut dalam berhitung perkalian dua digit atau lebih ?
a. Ya
b. Tidak
12. Apakah menurut anda acara tersebut merupakan cara yang mudah untuk mengajarkan perkalian ?
a. Ya
b. Tidak
13. Apakah otak anda merasa terbebani dalam proses berhitung perkalian ?
a. Ya
b. Tidak
14. Apakah dalam berhitung pekalian tersebut anda berpikir sebelum berhitung atau berpikir saat berhitung ?
a. Berpikir sebelum berhitung
b. Berpikir saat berhitung
15. Apakah dalam berhitung perkalian tersebut anda berpikir pada setiap langkah prosesnya ?
a. Ya
b. Tidak
16. Apakah anda hapal semua hasil dari setiap angka yang akan dikalikan ?
a. Ya
b. Tidak
17. Apakah anda merasa lancar dalam berhitung perkalian 93 x 86 seperti lancar ketika diminta untuk menulis “Saya sedang mengisi kuisioner berhitung dan menulis” ?
a. Ya
b. Tidak
18. Apakah anda berhenti untuk berpikir kembali pada setiap proses perkalian tersebut ?
a. Ya
b. Tidak
19. Pernahkah anda menghitung perkalian 7 digit angka dengan 7 digit angka, misalkan 6897432 x 9764837?
a. Ya
b. Tidak
20. Apabila diizikan mengunakan alat bantu hitung, apakah anda akan mempergunakannya untuk menghitung perkalian 3 digit atau lebih ?
a. Ya
b. Tidak
21. Apakah proses panjang dalam perkalian sebagai alasan anda menggunakan kalkulator?
a. Ya
b. Tidak
22. Apakah menurut anda kemampuan menulis itu berbeda dengan kemampuan berhitung ?
a. Ya
b. Tidak
23. Tahukah anda tentang teori ilmiah yang melandasi cara perkalian bersusun konvensional tersebut sehingga perlu dan dibakukan sebagai cara mengajarkan perkalian di sekolah dasar ?
a. Ya
b. Tidak
24. Tahukah anda bahwa teori otak, bahwa berhitung dan menulis memiliki fungsi dan cara kerja yang sama ?
a. Ya
b. Tidak
25. Tahukah anda jika cara berhitung perkalian konvensional dalam prosesnya belum sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung ?
a. Ya
b. Tidak
26. Apakah anda berkeinginan meningkatkan kemampuan anda dalam berhitung seperti kemampuan dalam menulis?
a. Ya
b. Tidak
27. Jika ada cara lain dalam berhitung perkalian dua digit atau lebih yang sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak. Apakah anda akan tertarik untuk mempelajarinya ?
a. Ya
b. Tidak
28. Jika ada pelatihan berhitung yang dapat membuat cara berhitung seperti cara menulis apakah anda akan menghadirinya ?
a. Ya
b. Tidak
29. Apakah anda bersedia dikenakan biaya untuk pelatihan tersebut ?
a. Ya
b. Tidak
30. Jika di sekolah anda diberikan pelatihan berhitung seperti menulis di berikan secara gratis untuk guru dan siswa di sekolah tempat anda berada. Anda bersedia ?
a. Ya
b. Tidak
Terima kasih
SADARILAH .....
Mari mengkaji kembali cara perkalian bersusun konvensional sebagai cara penyelesaian perkalian dua digit atau lebih.
Cara tersebut baru sebatas benar untuk hasilnya tapi belum benar secara proses.
“Kaji Ulang Perkalian Bersusun Konvensional sebagai Cara Menyelesaikan Perkalian Dua Digit atau Lebih”
Nama :
Guru kelas/Bidang Study :
Sekolah :
1. Dapatkah anda menuliskan kembali tulisan di bawah ini !
“Saya sedang mengisi kuisioner menulis dan berhitung”
a. Ya
b. Tidak
2. Apakah anda dapat menulis tulisan tersebut dengan lancar ?
a. Ya
b. Tidak
3. Apakah dalam prosesnya otak anda merasa terbebani (berpikir) saat menulis tulisan tersebut ?
a. Ya
b. Tidak
4. Apakah dalam menulis anda berpikir sebelum menulis atau berpikir saat menulis?
a. Berpikir sebelum menulis
b. Berpikir saat menulis
5. Apakah dalam menulis anda berpikir untuk pada setiap huruf yang akan dituliskan dalam prosesnya ?
a. Ya
b. Tidak
6. Apakah anda hapal dan mengetahui letak posisi setiap huruf yang akan dituliskan ?
a. Ya
b. Tidak
7. Yakinkah bahwa tulisan yang telah kita tulis sudah benar.
a. Ya
b. Tidak
8. Bagaimana anda merasa yakin akan kebenaran tulisan yang anda tulis ?
a. Dapat di baca sesuai tulisan yang di minta
b. Menuliskannya kembali
Perkalian bersusun adalah salah satu bentuk cara menyelesaikan perkalian dua digit atau lebih. Dalam prosesnya selalu di mulai dari perkalian satuan dengan satuan dan diakhiri dengan angka yang memiliki nilai tertinggi.
Contoh perkalian bersusun konvensional (Lihat Gambar)
9. Apakah anda yakin akan kebenaran hasil dari jawaban di atas ?
a. Ya
b. Tidak
10. Bagimana anda memperoleh keyakinan bahwa jawaban itu benar atau salah ?
a. Menghitung ulang kembali
b. Cukup dengan melihat atau membaca setiap prosesnya
11. Apakah anda menggunakan atau mengajarkan cara tersebut dalam berhitung perkalian dua digit atau lebih ?
a. Ya
b. Tidak
12. Apakah menurut anda acara tersebut merupakan cara yang mudah untuk mengajarkan perkalian ?
a. Ya
b. Tidak
13. Apakah otak anda merasa terbebani dalam proses berhitung perkalian ?
a. Ya
b. Tidak
14. Apakah dalam berhitung pekalian tersebut anda berpikir sebelum berhitung atau berpikir saat berhitung ?
a. Berpikir sebelum berhitung
b. Berpikir saat berhitung
15. Apakah dalam berhitung perkalian tersebut anda berpikir pada setiap langkah prosesnya ?
a. Ya
b. Tidak
16. Apakah anda hapal semua hasil dari setiap angka yang akan dikalikan ?
a. Ya
b. Tidak
17. Apakah anda merasa lancar dalam berhitung perkalian 93 x 86 seperti lancar ketika diminta untuk menulis “Saya sedang mengisi kuisioner berhitung dan menulis” ?
a. Ya
b. Tidak
18. Apakah anda berhenti untuk berpikir kembali pada setiap proses perkalian tersebut ?
a. Ya
b. Tidak
19. Pernahkah anda menghitung perkalian 7 digit angka dengan 7 digit angka, misalkan 6897432 x 9764837?
a. Ya
b. Tidak
20. Apabila diizikan mengunakan alat bantu hitung, apakah anda akan mempergunakannya untuk menghitung perkalian 3 digit atau lebih ?
a. Ya
b. Tidak
21. Apakah proses panjang dalam perkalian sebagai alasan anda menggunakan kalkulator?
a. Ya
b. Tidak
22. Apakah menurut anda kemampuan menulis itu berbeda dengan kemampuan berhitung ?
a. Ya
b. Tidak
23. Tahukah anda tentang teori ilmiah yang melandasi cara perkalian bersusun konvensional tersebut sehingga perlu dan dibakukan sebagai cara mengajarkan perkalian di sekolah dasar ?
a. Ya
b. Tidak
24. Tahukah anda bahwa teori otak, bahwa berhitung dan menulis memiliki fungsi dan cara kerja yang sama ?
a. Ya
b. Tidak
25. Tahukah anda jika cara berhitung perkalian konvensional dalam prosesnya belum sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak dalam berhitung ?
a. Ya
b. Tidak
26. Apakah anda berkeinginan meningkatkan kemampuan anda dalam berhitung seperti kemampuan dalam menulis?
a. Ya
b. Tidak
27. Jika ada cara lain dalam berhitung perkalian dua digit atau lebih yang sesuai dengan fungsi dan cara kerja otak. Apakah anda akan tertarik untuk mempelajarinya ?
a. Ya
b. Tidak
28. Jika ada pelatihan berhitung yang dapat membuat cara berhitung seperti cara menulis apakah anda akan menghadirinya ?
a. Ya
b. Tidak
29. Apakah anda bersedia dikenakan biaya untuk pelatihan tersebut ?
a. Ya
b. Tidak
30. Jika di sekolah anda diberikan pelatihan berhitung seperti menulis di berikan secara gratis untuk guru dan siswa di sekolah tempat anda berada. Anda bersedia ?
a. Ya
b. Tidak
Terima kasih
SADARILAH .....
Mari mengkaji kembali cara perkalian bersusun konvensional sebagai cara penyelesaian perkalian dua digit atau lebih.
Cara tersebut baru sebatas benar untuk hasilnya tapi belum benar secara proses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar