Mempelajari metode jari dari kelas 2 sd sampai kelas 6, (kelas 9) belajar matematika dengan saya, ditanya 9 + 7 tidak bisa langsung jawab.
Tidak akan mencapai kemampuan abstrak selama masih berhitung jari
Terpaksa saya cut dulu pembelajaran matematika. Coba nak lupakan sejenak ilmu berhitung jari kamu coba perhatikan dan dengarkan saya.
8 - 1 berapa ?
7 dia jawab
7 - 1 berapa ?
6 dia jawab
4 - 1 berapa ?
3 dia jawab
9 + 7 berapa ?
Tidak menjawab
7 - 1 berapa
6 dijawab
9 + 7 = 16
Kuncinya setiap penjumlahan 9 berarti kurang 1 pada angka yang ditambahkan
9 + 8, dalam otak kamu 8 - 1, 7, jawab 17
9 + 4 berapa
3, 13 dia jawab
9 + 6 berapa ?
5, 15
Alhamdulillah anak tersebut tidak lagi berhitung jari.
Catatan
Anak tidak menemukan konsep dalam berhitung.
4+6 kok 15 darimana itu
BalasHapus