KEMBANGKAN LOGIKA DALAM BERHITUNG
BUKAN PERBANYAK ATURAN DALAM BERHITUNG
http://www.lazymaths.com/speed-math/
Mental Math, Speed Math, Mental Aritmatik ataupun lainnya berusaha
mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengitung dengan cepat,
tepat dan
benar dengan langkah yang simple dan mudah.
Jika kita mau
googing sejenak cara berhitung cepat maka kita akan dapatkan banyak line
halaman yang mengajarkan kepada kita bagaimana menyelasaikan soal-soal
berhitung dengan cara singkat dan mudah. Baik berupa tulisan, gambar
maupun video.
Yang tujuan utamanya adalah mengambarkan kepada pembaca
berhitung itu mudah. Bahkan terkadang ada yang meminta siswanya menutup
mata untuk menjawab soal yang diberikan.
beberapa contoh populer
1. Perkalian dengan angka 11
a. 34 x 11 = .......
b. 123 x 11 =.......
2. Perkalian belasan (kurang dari 20)
c. 12 x 13 = .......
d. 14 x 16 = .......
3. Perkalian mendekati 100
e. 97 x 98 = .......
f. 93 x 92 = .......
4. Perkalian kuadrat dengan angka satuan 5
g. 35 kuadrat =.......
h. 75 kuadrat = .......
5. Perkalian dengan angka puluhansama dan angka satuan berjumlah 10
i. 33 x 37 = .......
j. 78 x 72 = .......
bagaimanakah mereka menjawab dengan cepat ?
Cara-cara penyelesaikan yang ditampilkan berupa langkah-langkah singkat nan praktis. serta mudah diingat.
Perkalian 11
34 x 11 = Tulis kembali angka 3 dan 4 sisipkan jumlah 3+4 diantaranya --> 3 (3+4) 4 = 374
123 x 11 = 1 (1+2) (2+3) 3 = 1353
Perkalian belasan
12 x 13 = (12+3) (2x3) = 156
14 x 16 = (14 +6) (4x6) = 20 24 = 224
Perkalian mendekati 100
98 x 97 = (100 -2 - 3) (2x3) = 9506
92 x 93 = (100 -8 -7) (8x7) =8556
Perkalian kuadrat dengan angka satuan 5
35 kuadrat = 3 x 4 (5x5) = 1225
75 kuadrat = 7 x 8 (5x5) =5625
Perkalian dengan angka puluhan sama dan angka satuan berjumlah 10
33 x 37 = 3 x 4 (3x7) = 1221
78 x 72 = 7 x 8 (5x5) = 5616
Kita akan mendapatkan lebih banyak lagi cara -cara penyelesaian
berhitung jika kita mau membuka halaman google lebih banyak lagi.
Tapi darimanakah langkah-langkah itu didapatkan sangat sedikit yang coba mengulasnya.
Beberapa buku yang saya pelajari seperti "Secret Of mental Math" karya Athur Benyamin, "Speed Mathematic" karya Bill Handley serta
beberapa buku cara berhitung cepat lainnya. Menjelaskan alur langkah dan
logika sehingga mendapatkan cara praktis di atas.
Sangat
disayangkan banyak halaman yang hanya menampilkan cara-cara praktis
tanpa menjabarkan alur langkah dan logika. Jika kita kembali kepada
tujuan awal mengajarkan kemampuan berhitung.
Apakah siswa akan terbantu dengan cara tersebut ?
Apakah siswa yang tidak mempelajari cara tersebut tidak mampu menyelesaikan soal tersebut ?
Apakah ada terkaitan antara anak yang mempelajari cara-cara cepat dalam berhitung akan meningkatkan kemampuan matematika?
Perbedaannya hanya terletak pada kecepatannya dalam berhitung saja bukan.
Tapi jika kita cermati kembali cara cepat tersebut hanya terdapat pada angka-angka tertentu atau syarat dengan angka tertentu.
Mempelajari matematika bukan hanya sebatas meningkatkan kemampuan dalam
berhitung tapi mengembangkan kemampuan logika mereka. Banyak anak mampu
menghitung 15 x 3 itu berapa, tapi tidak semua anak mampu
menyelesaikan soal matematika berapa berat 3 karung beras yang
masing-masing berisi 15 kilogram.
Yang dibutuhkan siswa dalam
meningkatkan kemampuan matematika adalah pengembangkan alur logika
mereka dalam berpikir bukan semata hanya berhitung cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar