Rabu, 30 Desember 2015

KEMBANGKAN LOGIKA DALAM BERHITUNG BUKAN PERBANYAK ATURAN DALAM BERHITUNG

KEMBANGKAN LOGIKA DALAM BERHITUNG
BUKAN PERBANYAK ATURAN DALAM BERHITUNG

http://www.lazymaths.com/speed-math/

Mental Math, Speed Math, Mental Aritmatik ataupun lainnya berusaha mengajarkan kepada anak bagaimana cara mengitung dengan cepat,
tepat dan benar dengan langkah yang simple dan mudah.

Jika kita mau googing sejenak cara berhitung cepat maka kita akan dapatkan banyak line halaman yang mengajarkan kepada kita bagaimana menyelasaikan soal-soal berhitung dengan cara singkat dan mudah. Baik berupa tulisan, gambar maupun video.




Yang tujuan utamanya adalah mengambarkan kepada pembaca berhitung itu mudah. Bahkan terkadang ada yang meminta siswanya menutup mata untuk menjawab soal yang diberikan.

beberapa contoh populer

1. Perkalian dengan angka 11
    a. 34 x 11 = .......
    b. 123 x 11 =.......
2. Perkalian belasan (kurang dari 20)
    c. 12 x 13 = .......
    d. 14 x 16 = .......
3. Perkalian mendekati 100
    e. 97 x 98 = .......
    f. 93 x 92 = .......
4. Perkalian kuadrat dengan angka satuan 5
    g. 35 kuadrat =.......
    h. 75 kuadrat = .......
5. Perkalian dengan angka puluhansama dan angka satuan berjumlah 10
    i. 33 x 37 = .......
    j. 78 x 72 = .......

bagaimanakah mereka menjawab dengan cepat ?

Cara-cara penyelesaikan yang ditampilkan berupa langkah-langkah singkat nan praktis. serta mudah diingat.

Perkalian 11
34 x 11 = Tulis kembali angka 3 dan 4 sisipkan jumlah 3+4 diantaranya --> 3 (3+4) 4 = 374
123 x 11 = 1 (1+2) (2+3) 3 = 1353

Perkalian belasan
12 x 13 = (12+3) (2x3) = 156
14 x 16 = (14 +6) (4x6) = 20 24 = 224

Perkalian mendekati 100
98 x 97 = (100 -2 - 3) (2x3) = 9506
92 x 93 = (100 -8 -7) (8x7) =8556

Perkalian kuadrat dengan angka satuan 5
35 kuadrat = 3 x 4 (5x5) = 1225
75 kuadrat = 7 x 8 (5x5) =5625

Perkalian dengan angka puluhan sama dan angka satuan berjumlah 10
33 x 37 = 3 x 4 (3x7) = 1221
78 x 72 = 7 x 8 (5x5) = 5616

Kita akan mendapatkan lebih banyak lagi cara -cara penyelesaian berhitung jika kita mau membuka halaman google lebih banyak lagi.

Tapi darimanakah langkah-langkah itu didapatkan sangat sedikit yang coba mengulasnya.
Beberapa buku yang saya pelajari seperti "Secret Of mental Math" karya Athur Benyamin, "Speed Mathematic" karya Bill Handley serta beberapa buku cara berhitung cepat lainnya. Menjelaskan alur langkah dan logika sehingga mendapatkan cara praktis di atas.

Sangat disayangkan banyak halaman yang hanya menampilkan cara-cara praktis tanpa menjabarkan alur langkah dan logika. Jika kita kembali kepada tujuan awal mengajarkan kemampuan berhitung.

Apakah siswa akan terbantu dengan cara tersebut ?

Apakah siswa yang tidak mempelajari cara tersebut tidak mampu menyelesaikan soal tersebut ?

Apakah ada terkaitan antara anak yang mempelajari cara-cara cepat dalam berhitung akan meningkatkan kemampuan matematika?

Perbedaannya hanya terletak pada kecepatannya dalam berhitung saja bukan.

Tapi jika kita cermati kembali cara cepat tersebut hanya terdapat pada angka-angka tertentu atau syarat dengan angka tertentu.

Mempelajari matematika bukan hanya sebatas meningkatkan kemampuan dalam berhitung tapi mengembangkan kemampuan logika mereka. Banyak anak mampu menghitung 15 x 3 itu berapa, tapi tidak semua anak mampu menyelesaikan soal matematika berapa berat 3 karung beras yang masing-masing berisi 15 kilogram.

Yang dibutuhkan siswa dalam meningkatkan kemampuan matematika adalah pengembangkan alur logika mereka dalam berpikir bukan semata hanya berhitung cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar