Rabu, 04 Januari 2017

Hanya sebuah cara dalam berhitung bukan ilmu berhitung

Cara berhitung tanpa ilmu

Adapun kata ilmu (science) diartikan sebagai pengetahuan yang didapat secara ilmiah, atau bisa di sebutkan bagian dari pengetahuan
.
Menurut W. Atmojo (1998:324) ilmu ialah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu, yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu di bidang (Pengetahuan) itu.

Sedangkan menurut Sumarna (2006: 153), ilmu dihasilkan dari pengetahuan ilmiah, yang berangkat dari perpaduan proses berpikir deduktif (rasional) dan induktif (empiris).

Cara berhitung dalam perkalian bersusun konvensional yang selama ini kita pelajari dan gunakan selama ini belum dapat dikatakan sebagai sebuah ilmu. Perkalian bersusun konvensional hanya berupa langkah-langkah proses untuk mendapatkan hasil suatu perhitungan perkalian. Tetapi pengetahuan ilmiah yang melandasi cara penyusunan langkah-langkah tersebut disusun tidak pernah di ungkapkan.

Tentunya kita tidak dapat mengatakan cara tersebut sebagai cara yang benar apalagi untuk mengkaji secara ilmiah untuk menguji kebenarannya Karana tidak adanya pengetahuan mengapa proses penyusunannya seperti itu.

Hanya sebuah cara dalam berhitung bukan ilmu dalam berhitung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar