Rabu, 04 Januari 2017

Masa sekolah dasar adalah masa peralihan berhitung konkret menuju abstrak

Masa sekolah dasar adalah masa peralihan berhitung konkret menuju abstrak

Banyaknya siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam berhitung dasar baik penjumlahan pengurangan dan perkalian lebih banyak disebabkan guru menggunakan cara yang seharusnya diterapkan di PAUD dan TK juga di gunakan secara berkelanjutan di sekolah dasar.

Paud dan TK adalah masa anak berhitung konkret melalui benda nyata yang dapat dilihat dan di sentuh, anak belajar mulai dari proses membilang, korespondensi satu-satu hingga membilang sebagian. Mulai dari pra operasional konkret hingga konkret.

Sayangnya banyak guru di sekolah dasar tidak memahami masa peralihan berhitung konkret menuju abstrak dengan tetap mengajarkan berhitung secara konkret di sekolah dasar, anak belajar berhitung penjumlahan dengan cara menghitung maju sebagian dan menghitung mundur sebagian.

Kemampuan anak tidak akan pernah tercapai untuk mampu berhitung secara abstrak jika tetap melatih dengan cara-cara tersebut. Anak tidak akan pernah merasa yakin akan hasil yang ia hitung apabila tidak menggunakan jarinya dalam menghitung.

Di sekolah dasar sebaiknya anak mulai di ajarkan logika sederhana dalam berhitung ketika anak telah mampu berhitung konkret 1- 10. Pada pengajaran berhitung 11 - 20 anak mulai diajarkan menggunakan pasangan bilangan 10 (basis 10)

Saat menjumlahkan 9 + 6, setiap angka yang ditambahkan dengan angka 9 berarti dikurangkan 1, (6 - 1), 5 lalu ditambahkan dengan 10 (9 + 1). Hasilnya 15. Bukan dengan menerapkan cara hitung maju sebagian secara berkelanjutan 9 dimulut 6 dijari, lalu hitung maju.

Banyaknya ketidak pahaman guru di masa peralihan berhitung konkret menuju abstrak adalah dengan tetap nya guru mengajarkan perkalian secara konkret menggunakan jari.
Ketidak Tahuan ini telah menyebabkan banyak anak yang tidak mampu berhitung dasar secara abstrak.

Lulus sekolah dasar, ketika ditanya 9 + 6 atau 9 x 6. Tidak mampu menjawab langsung sebelum menghitung jari.

KEMAMPUAN BERHITUNG ABSTRAK HANYA DAPAT DICAPAI dengan MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LOGIKA dan BUKAN DENGAN KETERAMPILAN BERHITUNG JARI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar