Masa sekolah dasar adalah masa peralihan berhitung konkret menuju abstrak
Banyaknya siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan dalam berhitung
dasar baik penjumlahan pengurangan dan perkalian lebih banyak disebabkan
guru menggunakan cara yang seharusnya diterapkan di PAUD dan TK juga di
gunakan secara berkelanjutan di sekolah dasar.
Paud dan TK
adalah masa anak berhitung konkret melalui benda nyata yang dapat
dilihat dan di sentuh, anak belajar mulai dari proses membilang, korespondensi satu-satu hingga membilang sebagian. Mulai dari pra operasional konkret hingga konkret.
Sayangnya banyak guru di sekolah dasar tidak memahami masa peralihan
berhitung konkret menuju abstrak dengan tetap mengajarkan berhitung
secara konkret di sekolah dasar, anak belajar berhitung penjumlahan
dengan cara menghitung maju sebagian dan menghitung mundur sebagian.
Kemampuan anak tidak akan pernah tercapai untuk mampu berhitung secara
abstrak jika tetap melatih dengan cara-cara tersebut. Anak tidak akan
pernah merasa yakin akan hasil yang ia hitung apabila tidak menggunakan
jarinya dalam menghitung.
Di sekolah dasar sebaiknya anak mulai
di ajarkan logika sederhana dalam berhitung ketika anak telah mampu
berhitung konkret 1- 10. Pada pengajaran berhitung 11 - 20 anak mulai
diajarkan menggunakan pasangan bilangan 10 (basis 10)
Saat
menjumlahkan 9 + 6, setiap angka yang ditambahkan dengan angka 9 berarti
dikurangkan 1, (6 - 1), 5 lalu ditambahkan dengan 10 (9 + 1). Hasilnya
15. Bukan dengan menerapkan cara hitung maju sebagian secara
berkelanjutan 9 dimulut 6 dijari, lalu hitung maju.
Banyaknya
ketidak pahaman guru di masa peralihan berhitung konkret menuju abstrak
adalah dengan tetap nya guru mengajarkan perkalian secara konkret
menggunakan jari.
Ketidak Tahuan ini telah menyebabkan banyak
anak yang tidak mampu berhitung dasar secara abstrak.
Lulus sekolah
dasar, ketika ditanya 9 + 6 atau 9 x 6. Tidak mampu menjawab langsung
sebelum menghitung jari.
KEMAMPUAN BERHITUNG ABSTRAK HANYA DAPAT
DICAPAI dengan MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN LOGIKA dan BUKAN DENGAN
KETERAMPILAN BERHITUNG JARI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar